KOMUNIKASI
BISNIS
“JENIS
– JENIS KOMUNIKASI”
Disusun
oleh :
Reni
susilawati 19214062
UNIVERSITAS
GUNADARMA
FAKULTAS
EKONOMI
DEPOK
2017
DEPOK
2017
Jenis
– jenis komunikasi dalam komunikasi bisnis
1.
Komunikasi
menurut cara penyampaianya
Setiap orang dapat berkomunikasi
satu sama lain karena manusia selain mahluk individu juga sekaligus mahluk
sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesamanya.
Menurut cara penyampaiannya dapat
dibedakan menjadi beberapa bagian :
a. Komunikasi
Lisan
Komunikasi
yang dilakukan secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, artinya dilakukan
antara kedua belah pihak secara bertatap muka
b. Komunikasi
Tertulis
Komunikasi
yang berupa tulisan seperti surat, naskah, blamgko – blangko, gambar, foto dan
spanduk.
2.
Komunikasi
menurut kelangsunganya
Didalam proses komunikasi dapat
kita ketahui terjadinya interaksi antara dua belah pihak atau lebih, dapat
diketahui sebagai berikut :
a. Komunikasi
Langsung
Komunikasi
yang dilakukan tanpa bantuan, campur tangan, perantara pihak lain ataupun media
komunikasi serta tidak di batasi oleh jarak.
b. Komunikasi
Tidak Langsung
Komunikasi
yang dilakukan melalui perantara, baik itu pihak ketiga atau bantuan alat
komunikasi lainnya.
3.
Komunikasi
menurut perilaku
Komunikasi ini merupakan hasil belajar
manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun
posisi seseorang. Menurut perilaku komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a. Komunikasi
Formal
Komunikasi
yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya telah diatur dalam struktur organisasinya.
b. Komunikasi
Informal
Komunikasi
yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan
dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak
berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan.
c. Komunikasi
Nonformal
Komunikasi
yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu
komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau
perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau
perusahaan tersebut.
4.
Komunikasi
menurut maksudnya
Menurut maksud dilakukanya
komuniksi ada beberapa komunikasi yang jika diperhatikan dilakukan dengan
maksud tertentu dari yang menyampaikan
informasi, inisiatif komunikator menjadi suatu penentu diantaranya adalah:
·
Pidato
·
Ceramah
·
Wawancara
·
Memberi tugas atau perintah
5.
Komunikasi
menurut ruang lingkupnya
Ruang lingkup terjadinya komunikasi
merupakan batasan jenis komunikasi ini. Maka dalam komunikasi menurut ruang
lingkup dapat dibedakan sebagai berikut:
a. Komunikasi
Internal
Komunikasi
yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan
yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja
(komunikasi yang dilakukan orang dalam). Didalamnya komunikasi internal dibagi
lagi menjadi 3 macam yaitu:
·
Komunikasi vertikal
·
Komunikasi horizontal, dan
·
Komunikasi diagonal
b. Komunikasi
Eksternal
Komunikasi
eksternal merupakan komunikasi yang berlangsung antara organisasi kepada pihak
masyarakat yang ada di luar organissi atau perusahaan tersebut.
Komunikasi
dengan pihak luar dapat berbentuk :
·
Eksposisi, pameran, promosi, publikasi,
dan sebagainya.
·
Komperensi pers
·
Siaran televise, radio, dan sebagainnya.
·
Bakti social, pengabdian pada masyarakat,
dan sebagainnya.
6.
Komunikasi
menurut aliran informasi
Informasi merupakan muatan yang
menjadi bagian pokok dalam komunikasi, oleh karena itu arah informasi tersebut
akan menentukan macam komunikasi yang sedang terjadi.
Komunikasi yang didasarkan menurut
aliran informasi dapat dibedakan sebagai berikut :
·
Komunikasi satu arah, yaitu merupakan
komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja.
·
Komunikasi dua arah, yaitu merupakan
komunikasi yang bersifat timbale balik, dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan
untuk memberikan respons atau feedbeck kepada komunikatornya.
·
Komunikasi ke atas yaitu merupakan
komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan
·
Komunikasi ke bawah, yaitu meruakan
komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan.
·
Komunikasi kesamping, yaitu merupakan
komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar. Dengan
demikian arah informasi tersebut akan dianut sebagai bentuk interaksi
komunikasinya.
7.
Komunikasi
menurut jaringan kerja
Di dalam sebuah organisasi atau
perusahaan komunikasi akan dapat
terlaksana menurut sistem yang ditetapkanya dalam jaringan kerja yang
dinanungi. Komunikasi menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi :
·
Komunikasi jaringan kerja rantai :
Komunikasi terjadi menurut saluran hirarchi organisasi dengan jaringan komando
sehingga mengikuti pola komunikasi formal.
·
Komunikasi jaringan kerja lingkaran :
Komunikasi terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.
·
Komunikasi jaringan bintang : Komunikasi
yang terjadi melalui satu sentral dan saluranya yang dilalui lebih pendek.
8.
Komunikasi
menurut jumlah pelaku dalam komunikasi
Komunikasi yang selalu terjadi
diantara sesama manusia baik individu maupun kelompok. Jumlah dari orang yang
berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri, disamping sifat
dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Untuk itu dapat dibedakan sebagai
berikut :
·
Komunikasi perseorangan : Komunikasi
yang terjadi secara perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi
tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga.
·
Komunikasi kelompok : Komunikasi yang
berlangsung dalam suatu kelompok atau group tentang masalah-masalah yang
menyangkut kepentingan banyak orang dalam kelompok.
9.
Komunikasi
menurut peranan individu
Komunikasi yang dilakukan oleh
seseorang kepada pihak-pihak lain baik secara kelompok maupun secara
individual. Dalam komunikasi ini peranan individu sangat mempengaruhi
keberhasilan proses komunikasinya. Ada beberapa macam antara lain :
·
Komunikasi antara individu dengan individu
yang lain.
·
Komunikasi antara individu dengan
lingkungan yang lebih luas
·
Komunikasi antara individu dengan dua
kelompok atau lebih
10. Dari segi kemasan pesan
Komunikasi dapt dilakukan secara
verbal (dengan berbicara) atau dengan nonverbal (diwakili bahasa isyarat).
·
Komunikasi verbal : diwakili dalam
penyebutan kata-kata,yang pengukapannya dapat dengan lisan atau tertulis.
·
Komunikasi non verbal : terlihat dalam
ekspresi atau mimik wajah,gerakan tangan,mata dan bagian tubuh lainnya.
Sumber
:
Ikhwan,saipudin.”Jenis
– jenis Komunikasi”. http://saipudinikhwan.wordpress.com/.(Diakses pada tanggal
21 September 2017).
_______.”10 Jenis
jenis Komunikasi Beserta Contoh dan Pengertianya”. http://ilmuseni.com/dasar-seni/jenis-jenis-komunikasi/.
(Diakses pada tanggal 21 September 2017).
RIVIEW
JURNAL :
§
Penulis :
- Laksmi Sito Dwi Irvianti
-
Kokoh Chandranegara
§
Judul :
Pengaruh Gaya Kepemimpinan Manajer, Pola Komunikasi Dalam Organisasi, dan Jenis
Penghargaan Terhadap Loyalitas Karyawan
§
pendahuluan :
Produktivitas
kinerja para karyawan yang ditunjukkan pada perusahaan berdasarkan dengan
petunju dan arahan sang manajer merupakan implementasi dari bentuk kepemimpinan
dan saluran komunikasi yang digunakan oleh sang manajer. Disamping itu,
perusahaan dengan praktik komunikasi yang baik dilaporkan memiliki tingkat employee engagement empat kali lebih
tinggi dibandingkan dengan yang komunikasinya buruk.
Penelitian
ini diharapkan dapat memberi masukan dan saran bagi PT. Citra Transpor
Nusantara pada pimpinan dan karyawannya dalam meningkatkan loyalitas karyawan
PT, Citra Transpor Nusantara.
§
Metode :
Teknik
pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu pertama penelitian lapangan atau
riset lapangan (field research), yang terdiri observasi dan koesioner dengan
menggunakan format pertanyaan yang menggunakan skala dan yang kedua studi
kepustakaan atau riset kepustakaan (library research). Studi dengan cara
mempelajari.
§ Hasil
:
Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan pengaruh yang kuat
dan signifikan antara pola komunikasi dalam organisasi dan jenis penghargaan
terhadap loyalitas karyawan. Penelitian ini juga membuktikan kekuatan hubungan
dan pengaruh antara jenis penghargaan terhadap loyalitas karyawan menduduki
peringkat teratas, kedua, kekuatan hubungan dan pengaruh antara pola komunikasi
dalam organisasi terhadap loyalitas karyawan, dan ketiga, kekuatan hubungan dan
pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan.
§ Kelebihan
Penelitian :
Kekuatan dalam
penelitian ini adalah menggunakan 2 metode yang dapat melengkapi satu sama
lain. Menggunakan beberapa buku referensi yang dapat membantu dalam penelitian.
§ Kekurangan
penelitian :
Tidak adanya penjelasan
mengapa mengambil jumlah populasinya 190 karyawan yang terdapat di PT. Citra Transpor
Nusantara.
0 komentar