Komunikasi Bisnis tgs 1

Semua tentang tugas kuliah // Senin, 02 Oktober 2017

KOMUNIKASI BISNIS
“JENIS – JENIS KOMUNIKASI”








Disusun oleh :
Reni susilawati            19214062





UNIVERSITAS GUNADARMA
FAKULTAS EKONOMI
DEPOK
2017



Jenis – jenis komunikasi dalam komunikasi bisnis
1.      Komunikasi menurut cara penyampaianya
Setiap orang dapat berkomunikasi satu sama lain karena manusia selain mahluk individu juga sekaligus mahluk sosial yang memiliki kebutuhan untuk berkomunikasi dengan sesamanya.
Menurut cara penyampaiannya dapat dibedakan menjadi beberapa bagian :
a.       Komunikasi Lisan
Komunikasi yang dilakukan secara langsung dan tidak dibatasi oleh jarak, artinya dilakukan antara kedua belah pihak secara bertatap muka
b.      Komunikasi Tertulis
Komunikasi yang berupa tulisan seperti surat, naskah, blamgko – blangko, gambar, foto dan spanduk.

2.      Komunikasi menurut kelangsunganya
Didalam proses komunikasi dapat kita ketahui terjadinya interaksi antara dua belah pihak atau lebih, dapat diketahui sebagai berikut :
a.       Komunikasi Langsung
Komunikasi yang dilakukan tanpa bantuan, campur tangan, perantara pihak lain ataupun media komunikasi serta tidak di batasi oleh jarak.
b.      Komunikasi Tidak Langsung
Komunikasi yang dilakukan melalui perantara, baik itu pihak ketiga atau bantuan alat komunikasi lainnya.

3.      Komunikasi menurut perilaku
Komunikasi ini merupakan hasil belajar manusia yang terjadi secara otomatis, sehingga dipengaruhi oleh perilaku maupun posisi seseorang. Menurut perilaku komunikasi dapat dibedakan menjadi :
a.       Komunikasi Formal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tata caranya  telah diatur dalam struktur organisasinya.
b.      Komunikasi Informal
Komunikasi yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan yang tidak ditentukan dalam struktur organisasi dan tidak mendapat pengakuan resmi yang mungkin tidak berpengaruh terhadap kepentingan organisasi atau perusahaan.
c.       Komunikasi Nonformal
Komunikasi yang terjadi antara komunikasi yang bersifat formal dan informal, yaitu komunikasi yang berhubungan dengan pelaksanaan tugas pekerjaan organisasi atau perusahaan dengan kegiatan yang bersifat pribadi anggota organisasi atau perusahaan tersebut.




4.      Komunikasi menurut maksudnya
Menurut maksud dilakukanya komuniksi ada beberapa komunikasi yang jika diperhatikan dilakukan dengan maksud  tertentu dari yang menyampaikan informasi, inisiatif komunikator menjadi suatu penentu diantaranya adalah:
·         Pidato
·         Ceramah
·         Wawancara
·         Memberi tugas atau perintah

5.      Komunikasi menurut ruang lingkupnya
Ruang lingkup terjadinya komunikasi merupakan batasan jenis komunikasi ini. Maka dalam komunikasi menurut ruang lingkup dapat dibedakan sebagai berikut:
a.       Komunikasi Internal
Komunikasi yang berlangsung dalam ruang lingkup atau lingkungan organisasi atau perusahaan yang terjadi diantara anggota organisasi atau perusahaan tersebut saja (komunikasi yang dilakukan orang dalam). Didalamnya komunikasi internal dibagi lagi menjadi 3 macam yaitu:
·         Komunikasi vertikal
·         Komunikasi horizontal, dan
·         Komunikasi diagonal
b.      Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal merupakan komunikasi yang berlangsung antara organisasi kepada pihak masyarakat yang ada di luar organissi atau perusahaan tersebut.
Komunikasi dengan pihak luar dapat berbentuk :
·         Eksposisi, pameran, promosi, publikasi, dan sebagainya.
·         Komperensi pers
·         Siaran televise, radio, dan sebagainnya.
·         Bakti social, pengabdian pada masyarakat, dan sebagainnya.

6.      Komunikasi menurut aliran informasi
Informasi merupakan muatan yang menjadi bagian pokok dalam komunikasi, oleh karena itu arah informasi tersebut akan menentukan macam komunikasi yang sedang terjadi.
Komunikasi yang didasarkan menurut aliran informasi dapat dibedakan sebagai berikut :
·         Komunikasi satu arah, yaitu merupakan komunikasi yang berlangsung dari satu pihak saja.
·         Komunikasi dua arah, yaitu merupakan komunikasi yang bersifat timbale balik, dalam hal ini komunikasi diberi kesempatan untuk memberikan respons atau feedbeck kepada komunikatornya.
·         Komunikasi ke atas yaitu merupakan komunikasi yang terjadi dari bawahan kepada atasan
·         Komunikasi ke bawah, yaitu meruakan komunikasi yang terjadi dari atasan kepada bawahan.
·         Komunikasi kesamping, yaitu merupakan komunikasi yang terjadi diantara orang yang memiliki kedudukan sejajar. Dengan demikian arah informasi tersebut akan dianut sebagai bentuk interaksi komunikasinya.

7.      Komunikasi menurut jaringan kerja
Di dalam sebuah organisasi atau perusahaan komunikasi akan dapat  terlaksana menurut sistem yang ditetapkanya dalam jaringan kerja yang dinanungi. Komunikasi menurut jaringan kerja ini dapat dibedakan menjadi :
·         Komunikasi jaringan kerja rantai : Komunikasi terjadi menurut saluran hirarchi organisasi dengan jaringan komando sehingga mengikuti pola komunikasi formal.
·         Komunikasi jaringan kerja lingkaran : Komunikasi terjadi melalui saluran komunikasi yang berbentuk seperti lingkaran.
·         Komunikasi jaringan bintang : Komunikasi yang terjadi melalui satu sentral dan saluranya yang dilalui lebih pendek.

8.      Komunikasi menurut jumlah pelaku dalam komunikasi
Komunikasi yang selalu terjadi diantara sesama manusia baik individu maupun kelompok. Jumlah dari orang yang berkomunikasi akan mempengaruhi proses komunikasi itu sendiri, disamping sifat dan tujuan komunikasi itu dilaksanakan. Untuk itu dapat dibedakan sebagai berikut :
·         Komunikasi perseorangan : Komunikasi yang terjadi secara perseorangan atau individual antara pribadi dengan pribadi tentang permasalahan yang bersifat pribadi juga.
·         Komunikasi kelompok : Komunikasi yang berlangsung dalam suatu kelompok atau group tentang masalah-masalah yang menyangkut kepentingan banyak orang dalam kelompok.

9.      Komunikasi menurut peranan individu
Komunikasi yang dilakukan oleh seseorang kepada pihak-pihak lain baik secara kelompok maupun secara individual. Dalam komunikasi ini peranan individu sangat mempengaruhi keberhasilan proses komunikasinya. Ada beberapa macam antara lain :
·         Komunikasi antara individu dengan individu yang lain.
·         Komunikasi antara individu dengan lingkungan yang lebih luas
·         Komunikasi antara individu dengan dua kelompok atau lebih

10.  Dari segi kemasan pesan
Komunikasi dapt dilakukan secara verbal (dengan berbicara) atau dengan nonverbal (diwakili bahasa isyarat).
·         Komunikasi verbal : diwakili dalam penyebutan kata-kata,yang pengukapannya dapat dengan lisan atau tertulis.
·         Komunikasi non verbal : terlihat dalam ekspresi atau mimik wajah,gerakan tangan,mata dan bagian tubuh lainnya.
Sumber :
Ikhwan,saipudin.”Jenis – jenis Komunikasi”. http://saipudinikhwan.wordpress.com/.(Diakses pada tanggal 21 September 2017).
 _______.”10 Jenis jenis Komunikasi Beserta Contoh dan Pengertianya”. http://ilmuseni.com/dasar-seni/jenis-jenis-komunikasi/. (Diakses pada tanggal 21 September 2017).



             

RIVIEW JURNAL :
§        Penulis           : - Laksmi Sito Dwi Irvianti
-          Kokoh Chandranegara
§        Judul  : Pengaruh Gaya Kepemimpinan Manajer, Pola Komunikasi Dalam Organisasi, dan Jenis Penghargaan Terhadap Loyalitas Karyawan
§        pendahuluan :
Produktivitas kinerja para karyawan yang ditunjukkan pada perusahaan berdasarkan dengan petunju dan arahan sang manajer merupakan implementasi dari bentuk kepemimpinan dan saluran komunikasi yang digunakan oleh sang manajer. Disamping itu, perusahaan dengan praktik komunikasi yang baik dilaporkan memiliki tingkat employee engagement empat kali lebih tinggi dibandingkan dengan yang komunikasinya buruk.
Penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dan saran bagi PT. Citra Transpor Nusantara pada pimpinan dan karyawannya dalam meningkatkan loyalitas karyawan PT, Citra Transpor Nusantara.
§        Metode :
Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu pertama penelitian lapangan atau riset lapangan (field research), yang terdiri observasi dan koesioner dengan menggunakan format pertanyaan yang menggunakan skala dan yang kedua studi kepustakaan atau riset kepustakaan (library research). Studi dengan cara mempelajari.
§  Hasil :
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan pengaruh yang kuat dan signifikan antara pola komunikasi dalam organisasi dan jenis penghargaan terhadap loyalitas karyawan. Penelitian ini juga membuktikan kekuatan hubungan dan pengaruh antara jenis penghargaan terhadap loyalitas karyawan menduduki peringkat teratas, kedua, kekuatan hubungan dan pengaruh antara pola komunikasi dalam organisasi terhadap loyalitas karyawan, dan ketiga, kekuatan hubungan dan pengaruh antara gaya kepemimpinan terhadap loyalitas karyawan.
§  Kelebihan Penelitian :
Kekuatan dalam penelitian ini adalah menggunakan 2 metode yang dapat melengkapi satu sama lain. Menggunakan beberapa buku referensi yang dapat membantu dalam penelitian.

§  Kekurangan penelitian :

Tidak adanya penjelasan mengapa mengambil jumlah populasinya 190 karyawan yang terdapat di PT. Citra Transpor Nusantara.

0 komentar

Postingan Terbaru

INTERVIEW UMKM

LAPORAN INTERVIEW USAHA KECIL MENENGAH “AYAM KREMES KAPUK” Nama Kelompok             :  1.       Desi Utari Faradina     ...