1. Pengertian
Laporan Bisnis
Laporan
bisnis ialah laporan yang memiliki sifat netral(tidak memihak), memiliki tujuan
yang jelas dan berisi rencana penyajian fakta
untuk tujuan bisnis tertentu.
Laporan
Bisnis dapat digolongkan menjadi beberapa,sebagai berikut:
-
Menurut fungsinya.
a. Laporan
informasional ialah laporan yang memberi sebuah informasi, serta menyajikan fakta-fakta tanpa melakukan
analisis, kesimpulan, dan tanpa
memberikan rekomendasi.
b. Laporan
Analisis merupakan laporan yang menyajikan fakta, dengan menganalisis dan
menginterprestasikan, dan kemudian menyimpulkan lalu memberi rekomendasi.
-
Menurut subyeknya
Ialah laporan yang dapat dibedakan menurut departemen dimana suatu laporan itu
diperoleh. Contoh : Laporan Akuntansi, Personalia, Produksi dan sebagainya.
-
Menurut Formalitasnya.
Menurut Frekuensinya.
Laporan dapat dibedakan atas dasar apakah bersifat formal atau nonformal,
apakah secara berkala atau khusus.dan Laporan menurut keasliannya, terdiri
atas: laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan public.
-
Menurut keasliannya
a. Laporan
Otoritas : laporan yang disusun atas dasar permintaan atau kuasa dari orang
lain.
b. Laporan
sukarela : inisiatif dari pembuat laporan itu sendiri.
c. Laporan
swasta : laporan yang disusun oleh organisasi atau perusahaan swasta.
d. Laporan
public : dibuat oleh lembaga pemerintah atau lembaga yang dibiayai Negara.
-
Menurut frekuensinya
a. Terdiri
dari laporan berkala yakni laporan yang disusun harian, mingguan, bulanan,
semesteran,maupun tahunan.contoh: laporan penjualan, dll.
b. Laporan
Khusus : laporan atas kejadian yang unik(khusus) seperti laporan mengenai
krisis dalam perusahaan.
-
Menurut jenisnya
a. Laporan
formal sering disebut dengan laporan panjang. Laporan infomal meliputi laporan
memorandum, laporan surat, dan laporan cetak.
Suatu laporan dipengaruhi oleh formalitas dan panjangnya laporan.
Laporan formal biasanya lebih panjang daripada laporan informal. Laporan surat
ialah suatu laporan yang menggunakan format surat dengan kepala surat. Laporan
dalam bentuk cetakan mempunyai judul yang sudah tercetak, instruksi,
baris-baris kosong.
b. Menurut
Kegiatan Projek, Terdapat tiga jenis laporan,yaitu laporanpendahuluan, laporan
perkembangan, dan laporan akhir.
-
Menurut pelaksanaan Pertemuan
a. Agenda
: suatu dokumen yang biasanya terdiri
atas jadwal pelaksanaan dan topic yang akan dibahas dalam pertemuan .
b. Resolusi
merupakan laporan singkat secara formal berisi hasil consensus suatu pertemuan.
c. Notulen
adalah laporan resmi yang Mencakup pembahasan yang lebih luas dan berisi hasil pertemuan
atau konferensi penting.
2. Jenis
– jenis Laporan Bisnis
Laporan
bisnis dapat diklarifikasikan berdasarkan macam-macam fungsi dan jenisnya,
diantaranya adalah
1. Laporan
Individu dan laporan resmi
Laporan individu adalah
laporan yang dibuat atas inisiatif seseorang sendiri, karenanya membutuhkan
rincian dan bukti pendukung yang lebih banyak daripada laporan resmi. Karena
laporan resmi dibuat berdasarkan permintaan pihak lain.
2. Laporan
rutin dan laporan khusus
Laporan rutin diajukan
berdasarkan rutinitas yang dilakukan, biasanya telah dibuat dalam bentuk yang
telah tentukan sejak awal.
3. Laporan
internal dan laporan eksternal
Laporan internal pada
umumnya adalah laporan yang dasarnya hanya ditujukan untuk lingkungan dalam
perusahaan saja, sedangkan eksternal adalah laporan yang ditujukan untuk
disebarkan ke pihak luar perusahaan.
3. Bagian
Pokok Dalam Laporan Bisnis
1. Pendahuluan
Dalam bagian
pendahuluan ada 11 (sebelas) hal yang perlu dipertimbangkan, yakni:
a. Pemberi
Kuasa, adalah individu/organisasi yang meminta laporan:
b. Tata-letak,
menginformasikan kepada pembaca tentang apa saja yang akan dibahas dalam laporan
bisnis;
c. Masalah,
biasanya diformulasikan di awal pendahuluan sebelum maksud atau tujuan laporan
bisnis dinyatakan;
d. Maksud,
merupakan poin penting dalam laporan bisnis;
e. Ruang
Lingkup, berhubungan dengan luas cakupan atau batas suatu pokok bahasan dalam
sebuah laporan bisnis;
f. Metodologi,
mengacu pada metode pengumpulan informasi;
g. Sumber-sumber,
mencakup berbagai sumber yang kita gunakan dalam penyusunan laporan bisnis,
baik sumber tertulis maupun sumber lisan;
h. Latar
Belakang, jika pembaca dianggap perlu mengetahui informasi yang ada dalam
laporan bisnis itu maka latar belakang harus disampaikan.
i.
Definisi Istilah, jika kita menggunakan
istilah yang memiliki beberapa penafsiran maka kita harus menjelaskan kepada
pembaca definisi yang kita maksudkan.
j.
Keterbatasan, adalah keterbatasan dalam
hal dana, waktu, ataupun data yang tersedia.
Untuk
laporan singkat, beberapa unsur tersebut dapat digabungkan menjadi satu atau
dua paragraf dengan ataupun tanpa judul “Pendahuluan”. Bahkan dalam laporan
berkala, judul pendahuluan dapat dihilangkan bila isi setiap periode sama dan
pembaca telah mengetahuinya.
2. Isi
Laporan
Bagian terpanjang dari
suatu laporan bisnis adalah isi laporan. Dalam bagian ini, kita membahas dan
mengembangkan hal-hal yang penting secara rinci. Di samping itu, bagian ini
dapat membantu kita mencapai maksud penulisan laporan bisnis. Penulisan laporan
bisnis yang baik, harus mencakup temuan fakta yang penting dan relevan.
3. Penutup
Bagian penutup
berfungsi untuk merangkum laporan secara menyeluruh, dan untuk laporan analitis
juga mengambil kesimpulan dan memberikan rekomendasi. Oleh karena itu, dalam
Laporan Informasional bagian penutup ini dinamakan Rangkuman, sedangkan pada
Laporan Analitis disebut Kesimpulan dan Rekomendasi.
Hal-hal yang
dipertimbangkan dalam bagian penutup adalah sebagai berikut:
1. Rangkuman,
berisi ringkasan pembahasan secara menyeluruh. Kadangkala hanya berisi
poin-poin yang penting, kekuatan dan kelemahan, atau manfaat dan kerugian;
2. Kesimpulan,
berisi evaluasi secara ringkas fakta-fakta yang dibahas, tanpa memasukkan
pendapat pribadi kita sebagai penulis;
3. Rekomendasi,
menyarankan suatu program tindakan yang didasarkan pada kesimpulan yang telah
dibuat;
4. Rencana
Tindakan, merupakan pernyataan terakhir yang mencakup waktu pelaksanaan
program, anggaran yang diperlukan, dan orang-orang yang bertanggung jawab
terhadap program/projek yang akan dilaksanakan.
4. Macam-macam
Laporan Bisnis
Ada
beberapa macam-macam laporan bisnis:
1. Laporan menurut fungsinya
Jenis
laporan menurut fungsinya terdiri laporan informasional dan laporan analitis.
Laporan informasional adalah laporan yang bersifat memberi informasi,
menyajikan fakta tanpa melakukan analisis, tanpa kesimpulan dan tanpa
memberikan rekomendasi. Sedangkan, laporan analitis adalah laporan yang
menyajikan fakta, menganalisis dan mengintrepretasikannya, kemudian
menyimpulkan dan memberi rekomendasi. Beberapa contoh dari jenis ini adalah
laporan kemajuan pekerjaan, laporan rekomendasi dan proposal.
2. Laporan menurut subjeknya
Laporan
menurut subjeknya adalah laporan yang didasarkan menurut departemen atau unit
tempat laporan itu diperoleh. Contohnya adalah laporan akuntansi, laporan
personalia, dan laporan produksi.
3. Laporan menurut formalitasnya
Laporan
jenis ini dapat dibedakan atas laporan formal atau laporan panjang dimana pada
umumnya lebih dari 10 halaman dan laporan non formal atau laporan singkat.
4. Laporan menurut keasliannya
Laporan
yang terdiri dari laporan otoritas, laporan sukarela, laporan swasta, dan laporan
publik. Laporan otoritas yang dibuat atas pemerintah atau kuasa dari orang
lain, laporan sukarela disusun atas inisiatif dari pembuat laporan itu
sendiri, laporan swasta adalah laporan yang dibuat oleh organisasi/perusahaan
swasta, dan laporan publik disusun oleh lembaga/organisasi pemerintah atau
lembaga yang dibiayai oleh negara.
5. Laporan menurut frekuensinya
Laporan
menurut frekuensinya terdiri dari laporan berkala yaitu laporan yang disusun
secara harian, mingguan, bulanan, semesteran, dan tahunan. Contoh,
laporan penjualan harian. Sedangkan laporan khusus merupakan laporan atas suatu
kejadian yang unik atau khusus seperti munculnya krisis dalam suatu perusahaan.
6. Laporan menurut jenisnya
Laporan
terdiri dari laporan memorandum, laporan surat, dan laporan panjang (laporan
formal).
7.
Laporan menurut
kegiatan projek
Laporan
macam ini terdiri atas laporan pendahuluan, laporan perkembangan, dan laporan
aktif.
8. Laporan menurut pelaksanaan pertemuan
Pada
laporan jenis ini meliputi agenda resolusi, notulen, dan laporan pertemuan.
Agenda adalah suatu dokumen yang ditulis sebelum suatu pertemuan berlangsung
dan biasanya terdiri dari jadwal pelaksanaan dan topik yang akan dibahas dalam
pertemuan sehingga akan membantu peserta. Resolusi merupakan laporan singkat
yang secara formal berisi pengumuman hasil konsensus dalam suatu pertemuan.
Notulen adalah laporan resmi dalam suatu pertemuan yang telah berlangsung yang
mencangkup semua hal yang terjadi dalam suatu pertemuan. Laporan pertemuan
merupakan laporan resmi yang mencangkup bahasan yang lebih luas dan berisi
hasil pertemuan atau konferensi penting.
5.
Pengorganisasian Isi Dalam Laporan Bisnis
Ada 2 (dua) cara yang dapat dipilih untuk digunakan
dalam penyusunan isi laporan bisnis, yakni cara deduksi (cara langsung) dan
cara induksi (cara tak langsung).
1. Cara deduksi atau cara langsung berarti
menyampaikan ide pokok dan rekomendasi terlebih dahulu, setelah itu baru
dijelaskan hal-hal yang rinci.
2.
Cara induksi atau
cara tak langsung, berarti kita menjelaskan fakta- fakta yang ada terlebih
dahulu, baru kemudian kita memberikan ide pokok, kesimpulan, dan rekomendasi.
6.
Tema Laporan Bisnis
·
Laporan Produksi
·
Laporan Akuntansi
·
Laporan Penjualan Harian
DAFTAR PUSTAKA
Kharismaya,tania.”Bagian Pokok Dalam Laporan Bisnis”. https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/bagian-pokok-dalam-laporan-bisnis/ .(Diakses
pada tanggal 13 Oktober 2017) .
Kharismaya,tania.”Pengorganisasian Isi Dalam Laporan
Bisnis”. https://taniakharismaya.wordpress.com/2015/05/31/pengorganisasian-isi-dalam-laporan-bisnis/.(Diakses
pada tanggal 13 Oktober 2017) .
Pieter,siwon.”Komunikasi Bisnis Perencanaan Laporan Bisnis”. https://siwonpieter.wordpress.com/komunikasi-bisnis-perencanaan-laporan-bisnis/ .(Diakses
pada tanggal 13 Oktober 2017) .
Septynade."Pengertian dan Jenis – jenis Laporan". http://septynade.blogspot.co.id/2016/04/pengertian-dan-jenis-jenis-laporan.html.
(Diakses pada tanggal 13 Oktober 2017) .
______.”Laporan Bisnis”. http://iniaku2012.blogspot.co.id/2012/05/laporan-bisnis.html .(Diakses
pada tanggal 13 Oktober 2017) .
nice share. dengan mengerti akan apa itu laporan bisnis, kita akan paham betapa pentingnya laporan bisnis tersebut.
BalasHapus